The Swordless Samurai

September 22, 2013 § 4 Komentar

Gambar

Penulis: Kitami Masao

Judul Edisi Jepang: Toyotomi Hideyoshi no Keiei Juku

Editor: Tim Clark

Penerjemah: Mardohar S.

Penerbit: Pustaka Inspira

Tebal: 262 Halaman

Buku ini menuturkan perjalanan hidup seorang Hideyoshi, pemimpin legendaries Jepang abad XVI. Bisa disebut biografi Hedeyoshi dan sejarah Jepang, hanya saja karena disajikan dalam bentuk bercerita –seolah-olah Hideyoshi sedang bercerita pada kita- kesan ‘berat’ dari buku biografi dan sejarah tidak muncul dalam buku ini. Sangat pas untuk orang-orang yang susah berlama-lama berinteraksi dengan buku berat, namun terlalu ringan untuk yang biasa mengunyah buku sejarah.

Hideyoshi lahir pada saat Jepang berada pada Zaman Perang Antar-Klan. Ia lahir pada tahun 1536 di Nagoya. Keluarganya adalah keluarga miskin yang menggantungkan hidup dari bertani.

Pada zaman itu, kelas sosial masyarakat terbagi menjadi beberapa tingkat. Tingkat tertinggi adalah kaisar. Di bawah kaisar ada para bangsawan termasuk di dalamnya para pangeran, putri, dan bawahan yang memiliki hubungan kekerabatan dengan kaisar). Di bawah para bangsawan, ada shogun. Lalu, di bawahnya lagi daimyo, atau panglima perang. Di bawahnya lagi adalah samurai. Kemudian ronin. Di bawah ronin ada penduduk kota, pedagang, pengrajin, dan petani. Mereka adalah kelas sosial paling bawah.

Meski kaisar adalah penguasa tertinggi, dalam kenyataannya fungsinya hanya seperti sebagai simbol. Begitu juga dengan bangsawan, mereka tidak turut campur dalam mengurus Negara. Bahkan untuk kelangsungan hidup, kaisar dan para bangsawan ini sebenarnya sangat bergantung pada upeti para daimyo.

 Hideyoshi sangat tidak suka bertani. Ia ingin mengubah nasibnya. Saat itu, satu-satunya cara bagi orang dari kelas bawah seperti dia jika ingin menaikkan kelas sosial adalah menjadi samurai. Untuk menjadi samurai seseorang harus memiliki kemampuan bela diri yang bagus, berperawakan meyakinkan, dan dapat bermain pedang. Semua kualifikasi itu tidak dimiliki oleh Hideyoshi. Tinggi badan Hideyoshi hanya 150 centi dengan berat badan 50 kg dan berperawakan agak bungkuk. Lalu, apakah dia menyerah? Tidak. Dia telah bertekad untuk membuktikan bahwa meski tak memenuhi kualifikasi dari sisi perawakan, dia memiliki kemampuan lain yang tak kalah hebat, yaitu, semangat yang tak pernah padam, keberanian, otak yang cerdas, dan wawasan mendalam tentang manusia.

Hideyoshi memulai karirnya dengan menjadi pegawai rendahan seorang daimyo, Oda Nobunaga. Meski mendapat pekerjaan ‘rendah’ Hideyoshi tetap menjalankannya penuh dedikasi. Dia mampu membuktikan kepada majikannya bahwa dia bisa diandalkan sehingga lama-kelamaan sang majikan memberikan kepercayaan yang lebih besar.

Penghargaan, pengabdian, kerja keras, dan tindakan berani adalah prinsip Hideyoshi dalam menjalani kehidupan dan usaha meraih cita-citanya.

Dalam buku ini diceritakan berbagai momen genting yang menguji dan menunjukkan kapasitas Hideyoshi dalam bertindak menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan yang tepat. Selain itu juga dilengkapi dengan quote-quote seputar kepemimpinan dan membangun mental pemimpin dalam diri.

Quotes:

Pemimpin harus bekerja lebih keras daripada yang lain (hlm. 18)

Usaha yang keras memungkinkan mereka yang mulai dari nol untuk mengungguli mereka yang sudah dibekali kedudukan dan hak istimewa (hlm. 18)

Bertindaklah berani pada saat-saat yang kritis (hlm. 23)

Memilih pemimpin yang tepat adalah keputusan yang terpenting yang bisa dilakukan oleh mereka yang masih muda (hlm. 31)      

Pemimpin yang cerdas akan membalikkan situasi, mengubah kelemahan menjadi unggulan (hlm. 73)

Kebesaran sebagai pemimpin diukur dari seberapa besar kemampuanmu menerima tantangan yang merisaukan (hlm. 85)

Dan masih banyak lagi quote membangun yang terdapat dalam buku ini. –Menurut saya- buku ini bagus untuk memotivasi kita yang ingin berkembang dan sukses. Perjalanan hidup Hideyoshi telah membuktikan bahwa mimpi, harapan, kerja keras, dan visi hidup yang jelas mampu menakhlukkan rintangan hidup dan menjadikannya yang bukan siapa-siapa menjadi orang nomor satu di Jepang setelah kaisar.  

sumber gambar: goodreads.com

Iklan

§ 4 Responses to The Swordless Samurai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading The Swordless Samurai at langit LANGIT.

meta

%d blogger menyukai ini: